Jumat, Agustus 02, 2019

Budget Trip to Malaysia, 2018 #2

Kuala Lumpur!

Halo! Jumpa lagi bersama saya, yasya rusyda, pada episode Budget Trip to Malaysia PART 2

Pada post kali ini saya mau cerita tentang keberangkatan dan hal-hal yang mengawali wisata kami di hari pertama. Mulai dari berangkat naik bus ke bandara, tiba di hotel, sampai menuju tempat wisata yang pertama.

Berangkat

Keberangkatan saya dimulai dari naik bus damri dari Bogor sampai bandara Soekarno - Hatta.

Sebelum naik bus damri
Ohiya jadwal penerbangan kita itu sekitar pukul 8 malam, dan menurut pengamatanku biasanya yg cost nya low fare kebanyakan emang malam-malam (iya gasih?). Terus bandaranya tuh bukan ke KLIA utama tapi KLIA 2 yang memang untuk penerbangan low fare. Untuk informasi, tiket promo yang kita dapatkan belum termasuk bagasi. Dan menurut kami itu bukan masalah sih karena kita cuma 4 harian di sana dan bisa bawa koper kecil yg muat di kabin (kakakku jago bet packing)

Tidur di Bandara

Jadwal penerbangan (berangkat)
Udah tuh, berjam-jam kita di pesawat terus turun di KLIA2 tengah malam. Terus kami beli makan di FamilyMart udon pake seafood-seafood gitu, enak bgt! I luv FamilyMart.

Udon enakkkk FamilyMart
Walaupun KLIA2 itu bukan bandara utama, tapi gede bingit! Jalan-jalan aja sampe bingung, dan ada yang bilang juga kalau bandara ini seperti Mall.  Tapi yang saya suka adalah informasinya mudah didapatkan, banyak petunjuk dan ada peta yang disediakan juga di sini. Saya senang!

Peta KLIA2

Sebelumnya kita udah cari informasi kalau di KLIA 2 itu tempat nunggunya nyaman, bisa buat tidur juga bahkan. Jadi kami memang sudah memutuskan untuk menginap selama 1 malam di bandara. Tenang aja guys, kita ga cuma berdua kok. Banyak orang-orang yg tidur di sana juga jadi don't worry just sleep. Kita tidur bener-bener nyenyak terus bangun pagi hari, solat, bersih-bersih, dan touch up buat wisata berikutnya.

Naik bis menuju pusat kota Kuala Lumpur

Sebelumnya saya mau minta maaf nih karena sudah lama banget jadi saya lupa beberapa hal, seperti nama tempat, harga dsb. Kalau penasaran lebih jauh bisa kontak saya secara pribadi ya nanti akan saya cari tahu lebih lanjut hihi.

Dari KLIA 2 ke stasiun pusat kota atau KLSentral itu ada beberapa pilihan transport di antarnya kereta dan bus. Kami memilih bus karena lebih murah (hehe) lumayan juga buat tidur lagi dan liat-liat jalanan. Harga tiket bus bisa sampai 1/5 nya tiket kereta (KLIAExpress). Berdasarkan informasi yg didapat sekarang sih tiket busnya sekitar RM11, kalau KLIAExpress sekitar RM55. Bus yang dimaksud adalah SkyBus.

Sampai di pusat kota

Perjalanan dari KLIA2 ke KLSentral memakan waktu sekitar 75 menit. Ternyata pemandangan jalur perjalanannya mirip-mirip aja sama di Indonesia, macet juga hihi. Saya agak lupa tempat turunnya persis dimana, tp seinget saya di terminal dekat KLSentral gitu.

Pemandangan saat keluar dari terminal (CMIIW)

Kami memesan hotel di daerah dekat Central Market. Jadi dari KLIASentral kami beli token lagi buat naik LRT ke stasiun Pasar Seni. Nggak jauh dari stasiun Pasar Seni, kita jalan menuju hotel yang sudah kita pesan.

Hotel

Hotel yang kami pesan itu namanya The Explorers Guesthouse. Meskipun budget hotel tapi kamarnya enak kok ada AC, dan ada wifi + komputer di lobby-nya. Mungkin minusnya adalah kamar mandi nya di luar kamar, jadi agak ribet kalau mau bolak balik kamar mandi. Tapi ada banyak kamar mandinya, di setiap lantai ada sekitar 3 buah. Kami juga dapat sarapan roti setiap pagi. Biasanya jatah sarapan kita bekel jadi bisa makan sambil nunggu kendaraan atau sekalian buat snack siang wkwk. Di sana ngga ada aturan ngga boleh dibekel sih jd aman hehe. Tapi kalian harus cek cek lg aturan di tempat kalian menginap ya.

Kami sampai sekitar pukul 9an, sedangkan baru bisa check in pukul 12 jadi kami mentipkan koper terlebih dahulu di lobby. Di hotel tsb memang ada ruangan khusus buat yang mau nitip-nitip koper gitu. Setahu saya kebanyakan budget hotel bisa nitip barang bawaan. Jadi kami gaperlu repot repot nunggu jam 12 dan bisa langsung melanjutkan wisata.

Tampak depan hotel

Papan namanya kecil bet ya, saya sampai mikir negatif hotelnya bakal jelek

Ternyata dalemnnya nyaman pisan, lumayan bgt buat harga murah

Sarapan Pertama

Karena hari itu kita belum check in, jd belum dapet sarapan. Kami memutuskan cari sarapan sekalian cari bekel buat makan siang. Di tempat wisata tujuan kami hari itu, kami nggak tau makanan enak apa yang ada. Jadi daripada menghabiskan uang untuk makanan mahal tp b aja mending kami cari makanan enak lain buat dibekal. Kami mencari makan di sekitar central market. Sebenernya kami udah cari tahu sebelumnya sih makanan apa yang ingin dicoba. Pagi itu kami ke Restoran Yusoof dan Zakhir. Restoran ini merupakan rumah makan India. Btw kebanyakan makanan India itu halal, jadi aman-aman saja. Dan kita udah research harga sebelumnya.

Kami memesan nasi goreng dan makanan kayak martabak tapi pake saus macem-macem (lupa namanya). Porsinya ternyata guede pisan, jadi kita gak habis sarapannya dan bisa dibekel deh buat makan siang wkkw. Makanannya juga enak, apalagi si martabak enak bgt ditambah cocolan saus yang nikmatt.

Restoran Yusoof dan Zakhir

Kakak saya lagi makan nasi goreng
Martabak(?)

Selesai makan, kami jalan kembali ke Pasar Seni untuk naik LRT ke KLSentral. Selama jalan, pemadangan jalanan bagus-bagus seperti  Kasturi Walk.

Yuhuu, jadi itulah kegiatan-kegiatan sesampainya saya di KL. Selanjutnya kami melanjutkan wisata ke Batu Caves. Buat cerita wisata Day 1 ini akan dilanjut di post blog berikutnya ya! yaitu Budget Trip to Malaysia, 2018 #3